FOKUSHIMITI

Selamat datang

.::BLOG FOKUSHIMITI::..::VIVA SOIL...SOIL SOLID::.

PILMITANAS 2011

Jasa Pak Tani

Patani adalah profesi kerja dibidang persawahan ataupun perkebunan. Setiap hari Pak Tani rutin pergi ke sawah atau kebun untuk menggarap dan menjaga tanamannya.
Pak Tani Kerja untuk apa? Jelas untuk mencukupi kebutuhan hidup dengan keluarganya. Pak Tani terkadang merasa hasil panennya rugi akibat naiknya harga pupuk di pasaran. Harga pupuk yang mahal akan berakibat hasil panennya terkadang rugi.
Selain Pupuk yang menjadi kendala Pak Tani, yaitu bencana alam seperti longsong dan banjir.
Bila bencana terjadi, maka tanaman akan rusak total dan perlu penanaman kembali. Seperti kejadian bencana banjir di Pulau Bawean mengakibatkan semua tanaman Pak Tani rusak. Di Desa Paromaan Tambak, kerugian diperkirakan 2 Hektar.
Jasa Pak Tani
Bila berfikir jasa, maka kita kita akan berfikir murni apa jasa Pak Tani? Jawabnya, kita makan dari hasil kerja Pak Tani. Kita makan nasi, jagung ataupun sagu, adalah hasil tanam Pak Tani.
Kalau Pak Tani tidak menghasilkan tanaman atau mogok bertani misalnya, maka semua orang akan kesulitan untuk mendapatkan makanan.
Seandainya setiap kita makan sambil berfikir asal usulnya yang di makan. Maka petani akan sejahterah dan memilki prioritas utama di bangsa ini. Tapi kalau makan, kita tidak berfikir dengan asal usulnya maka petani akan terlupakan.
kesimpulannya, Jasa Pak Tani perlu kita renungkan.

Sumber: SUARA GERBANG BAWEAN

0 ada komentarta'??:

Posting Komentar

HITI

Dasar Dasar Ilmu Tanah

Tanah dan Lingkungan

GIS Blog Indonesia

Scribd Feed for eqyrock

Direktorat Kelembagaan - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Template by : kendhin x-template.blogspot.com